Kamis, 27 November 2014
Tribun Jogja

Dimainkan, Samsul Arif Bikin Satu Assist

Selasa, 15 November 2011 22:18 WIB

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA – Meski Indonesia menelan kekalahan 4-1 dari Iran dalam babak ketiga  Pra Piala Dunia (PPD) 2014 Grup E Zona Asia, namun peran Samsul Arif Munip tak bisa dikesampingkan begitu saja. Striker Persibo ini menyumbangkan satu assist-nya yang membuat Bambang Pamungkas berhasil mencetak gol pertama dan satu-satunya bagi Indonesia di laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, SUGBK, tadi malam.

Peran Samsul memang cukup signifikan dalam lahirnya gol yang dicetak Bepe, sebutan Bambang Pamungkas. Uniknya, ini adalah laga pertama Samsul sejak ia dipanggil pelatih Wim Rijsbergen untuk membela Merah Putih di PPD 2014. Samsul dipanggil masuk timnas pada awal Oktober lalu. Dia bersama-sama pemain lainnya, seperti Zulham Zamrun, Purwaka Yudhi, dan Yongky Aribowo.

Selama ini nama Samsul hanya bertengger di daftar nama pemain yang diusung tim senior Indonesia. Namanya hanya masuk dalam pemain cadangan saja. Dan laga di SUGBK itu merupakan laga pertamanya membela Merah Putih sejak ia dipanggil kembali ke timnas.

Dan kali ini tidak salah jika Wim memasukkan pemain yang dikenal lincah ini dalam starting eleven Timnas Indonesia melawan Iran. Peran Samsul yang bernomor punggung 10 ini nampak ketika ia mendapat umpan lambung dari M Ridwan. Bola yang mengarah ke arahnya tak lama diolah lalu dioperkan dan disambut heading Bambang Pamungkas sehingga lahirlah gol di menit 43 itu.

Samsul memang dikenal sebagai pemain yang cepat beradaptasi. Hal ini juga diakui oleh Liestiadi, asisten pelatih Timnas Indonesia.  Peran pemain-pemain yang baru dipanggil timnas oleh Wim Rijsbergen memang diakui sendiri oleh pelatih asal Belanda ini. “Setelah saya memanggil mereka, ada sesuatu yang lain pada mereka,” ujar Wim saat jumpa pers usai laga Indonesia vs Iran di SUGBK. Namun Wim tak menjelaskan lebih jauh apa yang ia maksudkan itu. Yang jelas, kembalinya Samsul di timnas senior memang patut diperhitungkan.(*)
Editor: oktora-veriawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas