Selasa, 26 Mei 2015

Ulat Bulu Yogya Bertipikal Kamuflase

Kamis, 14 April 2011 11:24

oleh : Suputa
Dosen Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada

ULAT  bulu yang ditemukan di Dongkelan, Yogyakarta, spesiesnya berbeda dengan spesies ulat bulu yang beberapa pekan lalu menyebar di Probolinggo, Jawa Timur. Spesies ulat bulu yang ditemukan di depan Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTHY) Dongkelan ini tergolong spesies Trabala sp dan Maenas sp.

Trabala biasa ditemukan hinggap di pohon salam, sementara Maenas biasanya menyerang pada jenis tanaman kenanga. Kedua ulat jenis ini bila dilihat dari spesiesnya bukan termasuk dalam golongan ulat bulu gatal.

Berbeda dengan ulat pada umumnya, ulat bulu tidak bermetamorfosis menjadi kupu-kupu, tetapi menjadi ngengat. Umumnya, spesies ulat bulu ini membutuhkan waktu selama tujuh pekan  untuk proses dari telur hingga berubah menjadi telur lagi.

Spesies Trabala yang ditemukan warga di pohon kenanga di daerah Dongkelan memiliki tipikal kamuflase. Artinya binatang kecil ini dapat menyesuaikan warna kulitnya dengan lingkungan tempatnya berada, misalnya dengan warna batang pohon atau daun. Hal inilah yang terkadang membuat orang-orang tidak menyadari bahwa ada ulat bulu di sana.

Ulat bulu dari spesies Trabala yang ditemukan di daerah Dongkelan kecil kemungkinan dapat merebak dan meluas, sebagaimana terjadi di Probolinggo beberapa waktu terakhir. Hal tersebut dikarenakan sifat Trabala yang hanya biasa bertelur pada satu jenis tanaman dan berparasit di situ. Sehingga, sangat kecil kemungkinan jenis ulat bulu ini berpindah ke tanaman lain dan meluas hingga masuk ke rumah penduduk atau menempel di dinding.

Sebenarnya, ulat bulu jenis Trabala ini sudah sejak lama ditemukan di wilayah Yogyakarta. Oleh masyarakat umum, ulat ini biasa dikenal dengan istilah `ulat kirik'. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan ulat ini karena sifatnya yang bisa bermimikri.

Halaman123
Editor: jun
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas