Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jogja

Beringharjo Lima kali Sehari Dengungkan Kebersihan

Kamis, 17 Februari 2011 16:31 WIB

Laporan Reporter Tribun Jogja, Riezky AP 



TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - "Pasare Resik, Atine Becik, Rejekine Apik" tulisan itulah yang banyak terpasang di lorong-lorong pasar Beringharjo. Himbauan yang dibuat oleh Dinas Pengelola Pasar (Dinlopas) itu bertujuan agar kebersihan di pasar tersebut bisa meningkat.

Menurut Kasi Kebersihan Pasar Kota Yogyakarta, Kadarusman saat ini kebersihan pasar Beringharjo, terutama kamar mandinya sudah cukup baik. "Di sini (pasar Beringharjo) terdapat lebih dari 25 toilet. Semuanya kami kontrol kebersihannya, selain lewat radio pasar, kami juga menghimbau para pedagang lewat speaker-speaker yang terpasang," ujar Kadarusman di kantornya, lantai III Pasar Beringharjo, Kamis, (17/02/2011)

Menurutnya, himbauan lewat speaker tersebut disuarakan lebih lima kali sehari. "Kami ingatkan agar para padagang menjaga kebersihan pasar kita ini, sedangkan kepada para pembeli, kami himbau agar mereka waspada terhadap barang bawaannya," ujar Kadarusman yang bertanggung jawab atas kebersihan 33 pasar di Kota Yogyakarta.

Kadarusman mengaku bahwa dari semua pasar yang dikelolanya, Pasar Lempuyangan merupakan pasar yang paling bersih. "Di sana (Lempuyangan) pedagangnya kan nggak banyak, mereka semua mudah diatur. Baik pedagang maupun petugas parkir, mereka memiliki rasa tanggung jawab besar akan kebersihan," paparnya.

Ketika ditanyai pasar yang paling jorok, Kadarusman berkata bahwa hal ini relatif, "Yang jelas kebersihan di kota Yogyakarta ini baik. Selain saluran limbahnya lancar, jenis tanah di sini (Yogya) adalah tanah pasir, ini semakin membuat arus limbah jadi lancar," pungkasnya.

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas